Kamis, 23 Februari 2023

“Keutamaan Puasa di Bulan Sya’ban” Oleh: Ali Rahman bin Saniwi (Mahasiswa Tingkat Tiga, Fakultas Syari’ah, Universitas Imam Syafi’i)

 

 




Segala sesuatu akan lebih mulia dan utama bila bergandengan dengan perkara yang mulia, seperti bulan Sya’ban yang berdekapan dengan bulan Ramadhan, kemuliaan-nya mempengaruhi dan memberi keutamaan pada ibadah dalam bulan yang terdekat dengan-nya.

 

Rasulullah saw. pernah ditanya, “Puasa apa yang lebih utama setelah berpuasa di bulan Ramadhan?” beliau menjawab:

 

"صوم شعبان تعظيمًا لرمضان"

 

“Puasa di bulan Sya’ban (utama), karena memuliakan pada bulan Ramadhan.” (HR. Tirmidzi)

 

Diantara perkara yang spesial pada bulan Sya’ban ini adalah diangkatnya amalan semua hamba Allah, bisa disebut dalam bahasa Arab dengan Rof’ al-Akbar wa al-Awsa’ (pengangkatan amal besar-besaran dan seluasnya), karena dikutip dari hadis yang didatangkan oleh sahabat Usamah bin Zaid r.a. beliau mulanya bertanya kepada Rasulullah saw. “Wahai utusan Allah, aku tak menemukanmu berpuasa diantara bulan-bulan ini seperti engkau berpuasa di bulan Sya’ban’’

 

Beliau menjawab, “Banyak sekali orang lupa tentang bulan ini yakni bulan antara Rajab dan Ramadhan, ia adalah bulan di angkatnya semua amalan kepada Tuhan semesta alam, dan aku lebih suka diangkat amalanku saat aku sedang berpuasa.” (HR. Imam Nasa’i)

 

===============

Penulis: @el_ghubar.mubarok

Editor: @gilang_fazlur_rahman

Layouter: @najibalwijufri

 

Terus dukung dan ikuti perkembangan kami lewat akun media sosial Nafas Hadhramaut di;

 

IG • FB • TW • TG | Nafas Hadhramaut Website | www.nafashadhramaut.id

 

 

 

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search