Senin, 06 Maret 2023

“Alasan Mengapa Ziarah Akbar Nabi Hud As. Diadakan Pada Bulan Sya’ban” Oleh: Gilang Fazlur Rahman (Mahasiswa Tingkat Tiga, Fakultas Ushuluddin, Universitas Imam Syafi’i)


 

Negeri sejuta wali Hadhramaut terkenal dengan ikatannya yang sangat kental dengan tradisi agama, mereka terus menjaga tradisi para leluhurnya yang sudah dilaksanakan ratusan tahun itu, salah satu tradisinya adalah mengadakan Ziarah akbar Nabi Hud As. pada bulan Sya’ban.

 

Banyak yang bertanya, mengapa kegiatan Ziarah akbar ini diadakan pada bulan Sya’ban? Apakah hal ini termasuk dengan pengkhususan suatu ibadah? Sebetulnya, tidak ada satupun yang mengatakan bahwa barang siapa yang ingin menziarahi Nabi Hud As., maka harus melaksanakannya pada bulan Sya’ban. Kalo ada yang mengatakan seperti itu, maka itu termasuk dari pengkhususan suatu ibadah.

 

Ziarah Nabi Hud As. ini diadakan terus menerus setiap waktu, dan boleh dilaksanakan kapan saja. Tetapi yang paling banyak pengunjung dan berkahnya terjadi ketika bulan Sya’ban, seperti yang dilakukan para pendahulunya.

 

Salah satu alasannya adalah karena bulan Sya’ban adalah bulan yang penuh berkah. Dikatakan dalam hadis bahwa Rasulullah saw. memiliki waktu khusus untuk beribadah dan berziarah, salah satu hadis yang di riwayatkan oleh sahabat Abdullah bin Umar r.a., ia berkata: “Sesungguhnya Nabi Muhmmad saw. datang ke masjid Quba setiap hari sabtu, baik itu dengan berjalan kaki atau mengendari kuda, dan beliau juga mengamalkannya, Ibnu Namir menambahkan dalam satu riwayat bahwa “Rasulullah saw. melakukan solat dua rakaat di masjid tersebut.”

 

Al-Imam Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqolani dalam kitabnya “Fathul Bari Syarh Sohih Bukhori” ketika menjelaskan hadis ini beliau berkata: “Dan dalam hadis ini ada perbedaan dalam jalur dalilnya, bahwa diperbolehkan mengkhususkan sebagaian hari untuk melaksanakan pekerjaan yang baik dan mengistiqomahkannya, dan dalam hadis yang melarang pergi kecuali ke tiga masjid, hal itu bukan sesuatu yang haram, karena Nabi Muhammad saw. datang ke masjid Quba menggunakan kendarannya.”

 

Dan hal seperti ini sudah tidak heran lagi  bahwa diperbolehkan mengkhususkan sebagian amal yang baik atau bentuk amal yang bersifat mubah di waktu tertentu, karena itu untuk mengatur waktu kehidupan manusia. Jika seandainya aturan itu tidak ada dalam kehidupan manusia, maka ia akan menganggap semua urusan itu mudah yang mengakibatkan hidupnya tidak teratur, tetapi sebaliknya jika kita memiliki aturan dalam hidup, maka akan tertata semua pekerjaannya.

 

Begitu pula para pekerja buruh pun melakukan pekerjaan di waktu yang telah ditentukannya, tujuannya adalah untuk menjaga pola kehidupan dan pekerjaannya.

 

Dan dilaksanakannya Ziarah akbar Nabi Hud As. pada bulan Sya’ban dalam setiap tahunnya, karena terdapat hikmah dan berkah yang ada pada bulan tersebut.

 

Al-Imam Abdullah bin Alwi Al-Haddad berkata: “Saya menginginkan Ziarah akbar Nabi Hud As. yang diadakan pada bulan Sya’ban ini, berada dalam cuaca yang cocok, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Akan tetapi hal ini sudah menjadi tradisi para ulama Hadhramaut terdahulu, mereka melakukannya pada bulan Sya’ban, maka kita tidak boleh menggantinya.”

 

Dan jika ada yang bertanya, mengapa Ziarah tersebut diadakan pada tanggal 8 sampai 10 Sya’ban? Ada sebagian yang mengatakan bahwa hal itu karena perbedaan pendapat dari setiap kabilah, ada yang ingin melaksakankannya tanggal 8, ada yang ingin melaksakankannya tanggal 9, dan ada yang ingin melaksaanakannya tanggal 10, sehingga para Ulama Hadhramaut bersepakat untuk menggabungkan beberapa pendapatnya tadi,  Hingga saat ini pelaksannanya dilakukan pada tanggal 8, 9 dan 10 Sya’ban. []

===============

Penulis: @gilang_fazlur_rahman

Layouter: @najibalwijufri

                                                                                                  

Terus dukung dan ikuti perkembangan kami lewat akun media sosial Nafas Hadhramaut di;

 

IG • FB • TW • TG YT • TT | Nafas Hadhramaut

Website | www.nafashadhramaut.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search