Rabu, 08 Maret 2023

“Hukum Berpuasa Setelah Tanggal 15 Sya’ban” Oleh: Gilang Fazlur Rahman (Mahasiswa Tingkat Tiga, Fakultas Ushuluddin, Universitas Imam Syafi’i)

 

 


Puasa pada bulan Sya’ban adalah puasa yang sangat dianjurkan, karena berada di bulan yang mulia. Para salafhu sholih selalu mengerjakan ibadah ini, tetapi Rasululllah saw. bersabda dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh Abu Hurairoh r.a., Rasulullah bersabda: “Ketika Sya’ban sudah melewati separuh bulan, maka janganlah kalian berpuasa.”

 

Lantas bagaimana menanggapi hadis di atas, apakah puasa setelah separuh bulan Sya’ban hukumnya haram atau tidak?

 

Al-Imam Abu Bakar Syato dalam kitabnya “I’anah at-Thoolibiin Syarh Fathul Muin” juz 2 halaman 273 berkata:

 

"(قوله: وكذا بعد نصف شعبان) أي وكذلك يحرم الصوم بعد نصف شعبان لما صح من قوله صلى الله عليه وسلم إذا انتصف شعبان فلا تصوموا (قوله: ما لم يصله بما قبله) أي محل الحرمة ما لم يصل صوم ما بعد النصف بما قبله فإن وصله به ولو بيوم النصف بأن صام خامس عشره وتالييه واستمر إلى آخر الشهر فلا حرمة" (إعانة الطالبين شرح فتح المعين، ج: 2، ص:273)

 

“Artinya, (Perkataan: Dan juga setelah nisyfu Sya’ban) Keterangan; Dan begitu juga haram berpuasa setelah nisyfu Sya’ban berdasarkan hadis “Ketika Sya’ban sudah melewati separuh bulan, maka janganlah kalian berpuasa.” (Perkataan: Jika tidak disambungkan dengan puasa di hari sebelumnya) Keterangan; Keharaman ini dengan catatan apabila puasa setelah hari nisyfu Sya’ban (tanggal 16) tersebut tidak disambungkan dengan puasa di hari sebelumnya, namun apabila disambungkan dengan hari sebelumnya, meskipun dengan berpuasa ditanggal separuh bulan Sya’ban seperti hanya disambungkan dengan puasa pada tanggal 15 dan kemudian disambung dengan hari setelahnya hingga tanggal 30 maka puasanya tidak lagi dihukumi haram.” (I’anah at-Thoolibiin Syarkh Fathul Muin 2/273).

 

Al-Imam Khotib As-Syirbini dalam kitabnya Al-Iqna fi Hilli Alfadz Abi Syuja’ Juz 1 halaman 239 menyebutkan pengecualian dari hadis tersebut yaitu jika bertepatan dengan puasa yang sudah menjadi kebiasaanya sepreti puasa sunnah hari senin dan kamis, puasa daud, atau puasa nadzar dan qhodo, maka tidak haram hukumnya.

 

Kesimpulannya, puasa pada tanggal 16 sampai 30 Sya’ban itu haram, kecuali:

1.     Puasa wajib, seperti puasa nadzar dan qodho.

2.     Puasa sunnah yang sudah menjadi kebiasaannya, seperti puasa daud atau senin kamis, kebiasaan puasa ini bisa teranggap dengan satu kali pekerjaan.

3.     Puasa pada tanggal 15 Sya’ban, maka ia boleh berpuasa pada tanggal 16 Sya’ban, dan jika tanggal 16 Sya’ban berpuasa, maka ia boleh berpuasa pada tanggal 17 Sya’ban dan seterusnya. Akan tetapi jika ia tidak berpuasa pada tanggal 18 Sya’ban, maka haram berpuasa pada tanggal 19 Sya’ban dan seterusnya. [Wallaahu A'lam]

 

===============

Penulis: @gilang_fazlur_rahman

Layouter: @najibalwijufri

 

Terus dukung dan ikuti perkembangan kami lewat akun media sosial Nafas Hadhramaut di;

 

IG • FB • TW • TG • YT • TT | Nafas Hadhramaut

Website | www.nafashadhramaut

WA | http://bit.ly/Nafas-Hadhramaut-Channel

Email | nafashadhramaut.id@gmail.com

 

                                                                                                  

𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙏𝙚𝙧𝙪𝙨 & 𝙎𝙚𝙗𝙖𝙧𝙡𝙪𝙖𝙨𝙠𝙖𝙣.

 

"Sᴀᴍᴘᴀɪᴋᴀɴ ᴅᴀʀɪᴋᴜ ᴍᴇSᴋɪᴘᴜɴ ʜᴀɴʏᴀ Sᴀᴛᴜ ᴀʏᴀᴛ ." HR. Bukhari

📲 𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙙𝙞𝙖 𝙨𝙤𝙨𝙞𝙖𝙡 𝙠𝙖𝙢𝙞.

IG : Instagram.com/nafas_hadhramaut

TW : Twitter.com/nafashadhramaut

TG : T.me/nafashadhramaut

FB : fb.com/nafas.hadhramaut

YT : https://youtube.com/@nafashadhramaut

TT : Tiktok.com/nafashadhramaut

Web : www.nafashadhramaut.id

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

WA : http://bit.ly/Nafas-Hadhramaut-Channel

Email : nafashadhramaut.id@gmail.com

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

️ Like

🗣️ Comment

🔄 Share

👤 Tag Temanmu

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

 

 

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search