Selasa, 14 Maret 2023

“Kunjungan Al-Habib Alwi bin Ahmad Al-Habsyi Seiyun ke Universitas Imam Syafi’i Mukalla, Hadhramaut, Yaman” Oleh: Gilang Fazlur Rahman (Mahasiswa Tingkat Tiga, Fakultas Ushuluddin, Universitas Imam Syafi’i)

 



Mukalla (11/03), Nafas Hadhramaut - Tepatnya pada hari Sabtu sore, Al-Habib Alwi bin Ahmad Al-Habsyi Seiyun mengunjungi Universitas Imam Syafi’i Mukalla, Hadhramaut, Yaman. Beliau datang bersama beberapa santri Ribat Ilmi Syarif Seiyun, Hadhramaut, Yaman.

 

Ribat Ilmi Syarif atau yang di kenal dengan Ribat Habsyi merupakan Ribat yang didirikan oleh Al-Qutb Al-Imam Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, pengarang kitab Maulid yang Masyhur dikalangan masyarakat muslim Ahlusunnah Waljamaah. Ribat ini didirikan  pada tahun 1329 H. Ribat ini adalah ribat yang pertama didirikan di Hadhramaut.

 

Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi adalah penulis sekaligus pencipta kitab maulid Simthud Durar yang sering kita baca. Kitab maulid ini telah tersebar dan banyak dibaca diberbagai kalangan dalam majlis-majlis ilmu. Hal tersebut terjadi karena bentuk dari keihklasan akan kecintaan dan kerinduan beliau kepada kekasihnya yaitu nabi Muhammad saw.

 

Beliau memulai penulisan kitab maulid itu dari tanggal 26 Safar hingga 10 Rabiul Awwal 1327 H dan menamakannya kitab Simthu Duror Fi Akbar Maulid Khairu Basyar. Pertama kali dibacakan pada hari Jum'at 12 Rabi'ul Awwal 1327 H di kediaman muridnya yang bernama Habib Umar bin Hamid Assegaf.

 

Saat tiba di Universitas Imam Syafi’i, beliau langsung diarahkan menuju kediaman Rektor Universitas Imam Syafi’i, Al-‘Alim Al-‘Allamah Al-Faqih Sayyidi Syeikh Dr. Muhammad bin Ali Ba’athiyah untuk bertemu dan bertukar kata dengan beliau hingga menjelang solat Magrib. Setelah itu beliau diajak untuk solat berjama’ah di Masjid Universitas Imam Syafi’i dan diminta untuk menyampaikan ceramah diadapan para mahasiswa Universitas Imam Syafi’i.

 

Beliau mengawali dengan  mengucapkan rasa syukur kepada Allah swt. dan bersholawat kepada Rasulullah saw., lalu menyampaikan ceramah tentang keutamaan berguru kepda seorang ‘murabbi ruh’. Paling tidak ada 5 poin penting yang bisa kita ambil dari Al-Habib Alwi dalam ceramahnya ini:

 

1.     Beliau menukil kalam dari Imam Ali bin Muahmmad Al-Habsyi “Barang siapa yang tidak mempunyai seorang guru Arif Billah, yang memiliki kapasitas dalam tarbiyah, maka hidupnya akan berlalu dan dia termasuk orang-orang yang rugi.”

 

 

2.     Bukanlah bapak itu yang mengalir nasabnya saja, tetapi ada orang yang mengatakan bahwa bapak ibu ada tiga: Bapak yang menjadi perantara kelahiranmu, Bapak yang mengajarimu, dan Bapak yang engkau nikahi anaknya.

 

 

3.     Beliau mengumpamakan jika kita memiliki penyakit, apakah kita langsung merujuk kepada sembarang dokter? Tidak, tentu kamu memilih dokter yang sudah ahli dan mampu dipercaya. Apalagi dalam hal memilih seorang Murobbi Ruh.

 

 

4.     Murid yang benar-benar niatnya baik, dia akan seperti mayyit ketika ada di depan gurunya, seperti halnya orang mati di depan yang mencucikannya.

 

 

5.     Beliau menganjurkan untuk memperbanyak taubat  dan amal kebaikan sebelum datangnya bulan yang mulia, yaitu bulan Ramadhan.

 

 

Kemudian setelah itu, beliau diminta memberikan ijazah kepada seluruh mahasiswa, dan Sayyidi Syeikh Dr. Muhammad bin Ali Ba’athiyah diminta hal yang sama oleh Habib Alwi, teduh, nikmat, melihat adab dan akhlaq para ulama dan sholihin. Acara pun ditutup dengan doa oleh cucu pengarang kitab Maulid Simtu Duror itu, Al-Habib Alwi bin Ahmad Al-Habsyi. [GFR]

 

 

===============

Penulis: @gilang_fazlur_rahman

Layouter: @najibalwijufri

                                                                                                  

𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙏𝙚𝙧𝙪𝙨 & 𝙎𝙚𝙗𝙖𝙧𝙡𝙪𝙖𝙨𝙠𝙖𝙣.

 

"Sᴀᴍᴘᴀɪᴋᴀɴ ᴅᴀʀɪᴋᴜ ᴍᴇSᴋɪᴘᴜɴ ʜᴀɴʏᴀ Sᴀᴛᴜ ᴀʏᴀᴛ ." HR. Bukhari

📲 𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙙𝙞𝙖 𝙨𝙤𝙨𝙞𝙖𝙡 𝙠𝙖𝙢𝙞.

IG : Instagram.com/nafas_hadhramaut

TW : Twitter.com/nafashadhramaut

TG : T.me/nafashadhramaut

FB : fb.com/nafas.hadhramaut

YT : https://youtube.com/@nafashadhramaut

TT : Tiktok.com/nafashadhramaut

Web : www.nafashadhramaut.id

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

WA : http://bit.ly/Nafas-Hadhramaut-Channel

Email : nafashadhramaut.id@gmail.com

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

️ Like

🗣️ Comment

🔄 Share

👤 Tag Temanmu

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search