Sabtu, 18 Maret 2023

“Musim Panen Raya” Oleh: Muhammad Ali Fikri (Alumni Angkatan Ke-5, Fakultas Ushuluddin, Universitas Imam Syafi'i)

 



Bulan Ramadhan adalah bulan yg penuh limpahan Rahmat dan pahala dari Allah Swt. Para ulama' mengumpamakan seseorang di bulan ini dengan petani yang memanen hasil tanamannya yang begitu banyak. Ya, panen raya.

 

Bagaimana tidak, ibarat petani yang telah menanam benih dan bersabar kemudian dia memanen hasil jerih payahnya saat musim panen tiba, lantas dia mendapatkan hasil panen yang melimpah. Begitu juga bulan Ramadhan, karena seseorang sangatlah mudah tuk mendapatkan pahala yang melimpah pula pada bulan ini.

 

Sebagai misal, disebutkan didalam hadist Rasululloh Saw. bersabda: "Tidurnya orang yang puasa itu ibadah, diamnya itu tasbih dan amal perbuatannya dilipatgandakan." Maka bagaimana kalau dia sibukkan dirinya untuk beribadah? Pahala apa yang akan ia dapat?

 

Di lain hadist Rasululloh Saw. juga bersabda: "Barang siapa yang puasa di bulan Ramadhan dan mendirikannya (qiyamullail) karena iman dan ikhlas untuk Allah Swt. semata, dia diampuni dosanya yang telah lampau.”

 

Akan tetapi sobat, hukuman bagi orang yg lalai di bulan ini adalah dijauhkan dari Rahmat Allah Swt. Malaikat Jibril berkata kepada Rasululloh Saw: "Barang siapa yang mendapati bulan Ramadhan dan dosanya tidak diampuni oleh Allah semoga dia dijauhkan dari Rahmat Allah katakanlah amiin!" Maka beliau menjawab: "Amiin".

 

Imam Al-Haddad berkata mengenai hadist tersebut: "Hal itu karena mudahnya sebab-sebab memperoleh ampunan Allah di bulan Ramadhan lebih banyak dari pada bulan-bulan yang lain maka tidaklah diharamkannya ampunan Allah kecuali bagi orang-orang yang keterlaluan berpalingnya dia dari Allah. Maka hal tersebut membuat dia berhak jauh dan diusir dari pintunya (Rahmat) Allah."

 

Semoga kita dimudahkan oleh Allah untuk beribadah semaksimal mungkin di bulan Ramadhan dan senantiasa dihindarkan dari sifat-sifat yang buruk. Aamiin

===============

Penulis: @muhammadfahmi_alifikri14

Editor: @gilang_fazlur_rahman

Layouter: @najibalwijufri

                                                                                                  

𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙏𝙚𝙧𝙪𝙨 & 𝙎𝙚𝙗𝙖𝙧𝙡𝙪𝙖𝙨𝙠𝙖𝙣.

 

"Sᴀᴍᴘᴀɪᴋᴀɴ ᴅᴀʀɪᴋᴜ ᴍᴇSᴋɪᴘᴜɴ ʜᴀɴʏᴀ Sᴀᴛᴜ ᴀʏᴀᴛ ." HR. Bukhari

📲 𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙙𝙞𝙖 𝙨𝙤𝙨𝙞𝙖𝙡 𝙠𝙖𝙢𝙞.

IG : Instagram.com/nafas_hadhramaut

TW : Twitter.com/nafashadhramaut

TG : T.me/nafashadhramaut

FB : fb.com/nafas.hadhramaut

YT : https://youtube.com/@nafashadhramaut

TT : Tiktok.com/nafashadhramaut

Web : www.nafashadhramaut.id

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

WA : http://bit.ly/Nafas-Hadhramaut-Channel

Email : nafashadhramaut.id@gmail.com

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

️ Like

🗣️ Comment

🔄 Share

👤 Tag Temanmu

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search