Jumat, 10 Maret 2023

“Prahara Mengusap Kedua Mata ketika Nama Nabi Muhammad saw. dikumandangkan saat Adzan” Oleh: Muhammad Gh. As (Alumni Angkatan ke-4, Fakultas Syari’ah, Universitas Imam Syafi’i)



Perdebatan masih saja berkobar. Sesekali cobalah untuk meneliti terlebih dahulu sebelum menghakimi. Berbekal perasaan, dugaan atau pengetahuan yang masih ciut belum bisa atau tidak boleh menjadi pegangan kuat dalam menghukumi.

 

Mengusap dua mata dengan dua ibu jari setelah membaca, "Marhaban bi habibi, wa qurrotu 'aini, Muhammad bin Abdillah Sollahu'alaihiwasallam" tatkala mendengar syahadat pada adzan memiliki sumber yang tidak bisa begitu saja dienyahkan.

 

Dalam syarah Al-'Ainiyyah karya As-Sayyid Ahmad Bin Zein Al-Habsyi murid terdekat Al-Mujtahid Al-Qutb Al-Habib Abdullah Bin 'Alwi Al-Haddad, beliau menukil dari kitab Al Maqosid Al-Hasanah karya Imam As-Sakhowi yang menukil dari kitab Mujibat Al-Rohmah bahwasannya diriwayatkan dari Al-Faqih Muhammad bin Sa'id Al-Khoulani beliau mengatakan: Dari Al-Faqih As-Solih Abul Hasan 'Ali bin Muhammad bin Jadid Al-Husaini dari Al-Faqih Az-Zahid Al-Bilali dari Nabiyullah Al-Khodir 'Alaihissalam beliau mengatakan: "Siapa yang mengucapkan (Marhaban bi habibi, wa qurrotu 'aini, Muhammad bin Abdillah Sollahu'alaihiwasallam) saat Muadzzin melafadzkan Asyhadu Anna Muhammadan Rasulullah, kemudian dia usapkan dua ibu jarinya pada kedua matanya maka tidak akan terkena kebutaan atau penyakit mata.”

 

Riwayat di atas juta dinukil oleh As-Syekh 'Abdullah bin 'Umar Ba Makhromah seraya mengatakan, Sejak kecil, ayahku tak henti hentinya memerintahkan saya untuk selalu melakukannya.”

 

Dalam riwayat lain dengan redaksi yang berbeda dan masih dalam kitab Syarh Al-'Ainiyyah bahwa Al-'Allamah Muhammad Bin 'Umar Bahrq dalam kitabnya Tajrid Al Maqosid 'An Al-Asanid wa As-Syawahid beliau mengatakan mengenai riwayat, Siapa yang bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad Sallahua'alaihiwasallam ketika Muadzzin melantunkan lafadz Syahadat kepada Nabi sallahualaihiwasalllam, dan meraih jari jempol dan telunjuknya lalu menciumnya kemudian meletakkan kedua jari tersebut pada kedua matanya mengusapnya, maka tidak akan terjangkit penyakit mata selama hidup", merupakan riwayat lemah akan tetapi terbukti berkhasiat.”

 

Nyatanya perkara di atas telah dibahas secara detail dan jelas oleh Al-Allamah Al-Muhaddits Al-Imam Abu Al-Hasanat Muhammad 'Abdu Al-Hay Al-Laknawi Al-Hindi dalam risalahnya “Munirn Al-'Ainain fi Hukmi Taqbil Al-Ibahamain”atau yang dikenal dengan “Al-Hadi Al-Kaaf fi Hukmi Ad-Dhi'aaf.” Inti sari penjelasan dari kitab beliau bahwa hadits atau riwayat yang berkaitan dengan mencium kedua ibu jari saat muadzin mengumandangkan kalimat "Asyhadu Anna Muhammadan Rasulullah" lalu mengusapkannya ke kedua matanya merupakan hadits lemah yang masih bisa diamalkan untuk fadhoil Al-A'maal sebagaimana Ijma' para 'Ulama khususnya Ahli Hadits.

 

Beliau Al-Imam Al-Laknawi seorang ulama kelas tinggi dengan karya-karyanya yang luar biasa dalam bidang Fikih, khususnya disiplin ilmu Hadits. Beliau wafat pada umur belum genap empat puluh tahun. Rasanya Tidak berlebihan jika beliau dijuluki dengan Imam Nawawinya negeri Al-Hindi. [Wallahu A'lam]

 

===============

Penulis: @muhmmad_gh_as

Editor: @gilang_fazlur_rahman

Layouter: @najibalwijufri

 

===============

𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙏𝙚𝙧𝙪𝙨 & 𝙎𝙚𝙗𝙖𝙧𝙡𝙪𝙖𝙨𝙠𝙖𝙣.

 

"Sᴀᴍᴘᴀɪᴋᴀɴ ᴅᴀʀɪᴋᴜ ᴍᴇSᴋɪᴘᴜɴ ʜᴀɴʏᴀ Sᴀᴛᴜ ᴀʏᴀᴛ ." HR. Bukhari

📲 𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙙𝙞𝙖 𝙨𝙤𝙨𝙞𝙖𝙡 𝙠𝙖𝙢𝙞.

IG : Instagram.com/nafas_hadhramaut

TW : Twitter.com/nafashadhramaut

TG : T.me/nafashadhramaut

FB : fb.com/nafas.hadhramaut

YT : https://youtube.com/@nafashadhramaut

TT : Tiktok.com/nafashadhramaut

Web : www.nafashadhramaut.id

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

WA : http://bit.ly/Nafas-Hadhramaut-Channel

Email : nafashadhramaut.id@gmail.com

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

️ Like

🗣️ Comment

🔄 Share

👤 Tag Temanmu

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

 

 

 

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search