Sabtu, 18 Maret 2023

“Ramadhan Momen Mengupdate Kualitas Ibadah” Oleh: Muhammad Ali Fikri (Alumni Angkatan Ke-5, Fakultas Ushuluddin, Universitas Imam Syafi'i)


 


Di antara nikmat yang Allah berikan kepada umat manusia adalah Allah beberapa hari yang mana pada hari tersebut banyak keistimewaan di dalamnya, seperti halnya: Hari Arafah, Asyurah dll. Nah, pun juga di antara momen-momen yang spesial tersebut ada juga bulan Ramadhan. Bulan yang dikhususkan untuk umat Nabi Muhammad Saw.

 

Kini bulan Sya’ban telah berada di ujung pintu. Hanya tinggal beberapa hari lagi dia akan segera pergi digantikan tamu spesial, Bulan Ramadhan. Penyambutan bulan suci ini harus segera dipersiapkan. Bersihkan hati dari virus-virusnya, yang bahkan lebih berbahaya dari virus yang ada saat ini. Bukan hanya menular, namun dia juga mematikan dan merugikan di dunia hingga akhirat.

 

Jangan lupa menata niat sebanyak-banyak dan sebaik-baiknya. Mulai kencangkan sabuk demi menghidupkan malam-malam yang penuh keberkahan. Jauhi, kurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang tak berarti sama sekali. Alangkah beruntungnya seseorang yang telah ‘ready’  menyambut tamu yang paling mulia ini.

 

Pada suatu hari, Rasulullah Saw.  memberi pernah kabar gembira tentang datangnya bulan Ramadhan kepada para sahabat dalam hadisnya,

 

"قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ"

 

“Telah tiba kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan. Allah mewajibkan puasa Ramadhan kepada kalian. Pada bulan ini, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup rapat-rapat, dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya ada suatu malam di mana dia lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang diharamkan kebaikannya, sungguh dia benar-benar terhalang (dari kebaikannya).” HR. Ahmad.

 

Disebutkan dalam riwayat Imam Tirmidzi, dalam sebuah hadis bahwa, pada awal malam bulan Ramadhan ada seseorang yang menyerukan, “Wahai orang-orang yang menginginkan kebaikan, kemarilah (lakukanlah), dan Wahai orang-orang yang menginginkan keburukan, kurangilah (tinggalkanlah). Setiap malamnya Allah membebaskan hamba-Nya dari api neraka.”

 

Dalam sebuah riwayat Imam Baihaqi disebutkan bahwa para bidadari surga berdandan setiap tahunnya untuk bulan Ramadhan. Ya, penduduk langit hingga penduduk surga ramai-ramai menyambut dan memuliakan bulan yang mulia ini. Allah menyimpan reward-reward’nya  untuk para hamba-Nya. Benar-benar rugi mereka yang keluar dari bulan ini, sedangkan dia tak mengantongi reward yang telah disiapkan oleh Allah. Dalam sebuah hadis, malaikat Jibril pernah berkata kepada Nabi Muhammad Saw.,

 

"وَمَنْ أَدْرَكَ رَمَضَانَ، فَلَمْ يُغْفَرْ لَهُ فَأَبْعَدَهُ اللَّهُ قُلْ: آمِينَ، فَقُلْتُ: آمِينَ"

 

“Barang siapa yang mendapati bulan Ramadhan lantas dosanya tidak diampuni oleh Allah, semoga Allah menjauhkannya dari rahmat-Nya, katakan: Aamiin.” Maka Nabi Muhammad mengatakan, “Aamiin.”

 

Dalam bulan Ramadhan, ada beberapa kekhususan yang hanya dimiliki oleh umat Nabi Muhammad Saw.. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Baihaqi, Rasulullah Saw.  bersabda,

 

"أُعْطِيَتْ أُمَّتِي فِيْ شَهْرِ رَمَضَان خَمْسَ خِصَالٍ لَمْ تُعْطَهَا أُمَّةٌ قَبْلَهُمْ: خَلُوْفُ فَمِ الصَّائِم أَطْيَبُ عِنْدَ الله ِمِنْ رِيْحِ الْمِسْك، وَتَسْتَغْفِرُ لَهُمُ المَلَائِكَةُ حَتّى يُفْطِرُوْا وَيُزَيِّنُ اللهُ كُلَّ يَوْمٍ جَنَّتَه، ثم يَقُول: يُوْشِك عِبَادِي الصَّائِمُوْنَ أَنْ تُلْقَى عَنْهُمُ المُؤْنَة وَالْأَذَى وَيَصِيْرون إِلَيْك ، وتُصْفَدُ فيه الشَّيَاطِيْن فلَا يَخْلُصُوْن فِيْه إِلَى مَا يَخْلُصُون فِي غَيْرِه، ويَغْفِرُ لَهُمْ فِي آخِرِ لَيْلَة » قيْل: يا رسولَ الله، أَهِيَ ليْلَةُ القَدْر؟ قال: « لا، ولَكِنَّ العَامِلَ إِنَّما يُوَفَّى أجْرَه إِذَا قَضَى عَمَلَه"

 

“Pada bulan Ramadhan, umatku (Nabi Muhammad) diberikan lima perkara di mana lima perkara itu tidak diberikan kepada umat sebelumnya: Bau mulutnya orang yang puasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk. Para malaikat memintakan ampun buat mereka hingga mereka berbuka, dan setiap hari Allah menghiasi surga-Nya.” Kemudian Allah Swt.  berfirman, “Hampir saja hamba-hambaku berpuasa hingga dibuang darinya kepenatan dan gangguan dan mereka dalam hal demikian.” Dan dibelenggu para setan, maka mereka tak bisa lolos ke tempat lain. Dan Allah mengampuni mereka (orang-orang puasa) di malam terakhir.”

 

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah itu adalah lailatul qadr?” Beliau menjawab, “Bukan, akan tetapi seorang pegawai hanya akan digaji apabila dia telah menyelesaikan pekerjaannya.”

 

Betapa istimewanya bulan Ramadhan. Karena kemuliaan dan keberkahan Nabi Muhammad Saw., umat ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki umat-umat yang lain. Maka bulan Ramadhan merupakan momen yang pas untuk me-update amal ibadah seorang muslim. Menjadikannya ladang yang siap panen akan pahala dan ganjaran Allah Swt.

 

Dan masih banyak lagi keistimewaan yang Allah simpan di bulan Ramadhan, di antaranya: dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw.  pernah berpidato di hadapan para sahabat di penghujung bulan Sya’ban yang bunyinya,

 

"يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّهُ قَدْ أَظَلَّكُمْ شَهْرٌ عَظِيمٌ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ فَرَضَ اللَّهُ صِيَامَهُ وَجَعَلَ قِيَامَ لَيْلِهِ تَطَوُّعًا، فَمَنْ تَطَوَّعَ فِيهِ بِخِصْلَةٍ مِنَ الْخَيْرِ كَانَ كَمَنْ أَدَّى فَرِيضَةً فِيْمَا سِوَاهُ، وَمَنْ أَدَّى فِيهِ فَرِيضَةً كَانَ كَمَنْ أَدَّى سَبْعِينَ فَرِيضَةً، وَهُوَ شَهْرُ الصَّبْرِ، وَالصَّبْرُ ثَوَابُهُ الْجَنَّةُ، وَهُوَ شَهْرُ الْمُوَاسَاةِ وَهُوَ شَهْرٌ يُزَادُ رِزْقُ الْمُؤْمِنِ فِيهِ، مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ عِتْقُ رَقَبَةٍ وَمَغْفِرَةٌ لِذُنُوبِهِ، قِيلَ: يَا رَسُولَ اللهِ، لَيْسَ كُلُّنَا يَجِدُ مَا يُفَطِّرُ الصَّائِمَ، قَالَ: يُعْطِي اللَّهُ هَذَا الثَّوَابَ مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا عَلَى مَذْقَةِ لَبَنٍ أَوْ تَمْرَةٍ أَوْ شَرْبَةِ مَاءٍ، وَمَنْ أَشْبَعَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مَغْفِرَةٌ لِذُنُوبِهِ وَسَقَاهُ اللَّهُ مِنْ حَوْضِي شَرْبَةً لاَ يَظْمَأُ حَتَّى يَدْخُلَ الْجَنَّةَ وَكَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَجْرِهِ شَيْئًا، وَهُوَ شَهْرٌ أَوَّلُهُ رَحْمَةٌ وَأَوْسَطُهُ مَغْفِرَةٌ وَآخِرُهُ عِتْقٌ مِنَ النَّارِ، وَمَنْ خَفَّفَ عَنْ مَمْلُوكِهِ فِيهِ أَعْتَقَهُ اللَّهُ مِنَ النَّارِ،  فَاسْتَكْثِرُوا فِيهِ مِنْ أَرْبَعِ خِصَالٍ، خَصْلَتَانِ تُرْضُونَ بِهَا رَبَّكُمْ، وَخَصْلَتانِ لَا غِنَى لَكُمْ عَنْهُمَا، فَأَمَّا الْخَصْلَتانِ اللَّتَانِ تُرْضُونَ بِهَا رَبَّكُمْ: فَشَهَادَةُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَتَسْتَغْفِرُونَهُ، وَأَمَّا اللَّتَانِ لَا غِنَى لَكُمْ عَنْهُمَا فَتَسْأَلُونَ اللهَ الْجَنَّةَ، وَتَعُوذُونَ بِهِ مِنَ النَّارِ » رواه ابن خزيمة والبيهقي"

 

"Wahai manusia, telah menaungi di atas kalian bulan yang agung, bulan yang penuh dengan keberkahan. Bulan di mana di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan (Lailatul Qadr), dan di bulan itu Allah Swt. jadikan puasa di siang harinya menjadi kewajiban (bagi yang mampu), dan bangun malam (shalat di malam) harinya merupakan hal yang disunnahkan. Barang siapa mendekatkan diri kepada Allah Swt. dengan  melakukan satu kebaikan di bulan Ramadhan, maka pahalanya sama dengan pahala melakukan perbuatan fardhu di selain bulan Ramadhan. Dan barang siapa melakukaan satu perbuatan wajib di bulan Ramadhan, maka pahalanya sama dengan melakukan 70 perbuatan wajib di selain bulan Ramadhan. Dan bulan Ramadhan adalah bulan kesabaran dan balasan kesabaran adalah surga. Bulan ini adalah bulan yang penuh simpati (tolong menolong), dan bulan ditambahnya rezeki orang mukmin. Barang siapa yang memberikan buka puasa untuk orang yang berpuasa di bulan itu, maka baginya dibebaskan dari api neraka dan diampuni dosa-dosanya.”

 

Ketika mendengar hal itu, para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, tidak semua dari kami memiliki sesuatu untuk memberi makan orang yang berpuasa.” Maka Rasulullah Saw. bersabda, “Pahala ini diberikan oleh Allah Swt. kepada orang yang memberi makan untuk orang yang berpuasa dengan seteguk susu atau air atau sebutir kurma.” Dan barang siapa yang memberi makan orang yang berpuasa hingga kenyang, maka diampuni dosa-dosanya,   Allah Swt. akan memberinya minum dari telagaku (telaga Rasulullah Saw.) di mana seteguk air itu menjadikannya tidak akan merasa haus selama-lamanya dan baginya pahala puasa seperti orang yang berpuasa dan tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa. Bulan Ramadhan awalnya adalah rahmah (kasih sayang) Allah Swt., dan pertengahannya adalah pengampunan Allah Swt., serta akhirnya adalah pembebasan dari api neraka. Dan barang siapa yang meringankan (pekerjaan) budaknya di bulan Ramadhan, maka Allah Swt. mengampuni dosanya dan membebaskannya dari api neraka.

 

Maka perbanyaklah di bulan itu (untuk melakukan) empat hal: dua hal yang pertama membuat Tuhan kalian (Allah Swt.) ridha, dan dua hal yang lainnya merupakan sesuatu yang kalian butuhkan. Dua hal yang membuat Tuhan kalian (Allah Swt.) ridha adalah mengucapkan syahadat (أشهد ألا إله إلا الله ), dan kalian meminta ampunan kepada-Nya dengan membaca (أستغفر الله العظيم ). Adapun dua hal yang kalian butuhkan terhadap keduanya adalah kalian meminta kepada Allah Swt. untuk dimasukkan ke dalam surga dan dijauhkan dari api neraka. (HR. Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi).

 

Semoga Allah senantiasa memberikan kita taufik dan inayahnya agar dapat melakukan ibadah dengan baik dan sempurna. Memberikan kesehatan dan panjang umur hingga dapat melalui bulan Ramadhan dengan baik setiap tahunnya, dan dicatat oleh Allah orang-orang yang diampuni ketika keluar darinya. Untuk kita, guru, orang tua, saudara dan orang-orang yang kita cintai. Aamiin.

 

===============

Penulis: @muhammadfahmi_alifikri14

Editor: @gilang_fazlur_rahman

Layouter: @najibalwijufri

                                                                                                  

𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙏𝙚𝙧𝙪𝙨 & 𝙎𝙚𝙗𝙖𝙧𝙡𝙪𝙖𝙨𝙠𝙖𝙣.

 

"Sᴀᴍᴘᴀɪᴋᴀɴ ᴅᴀʀɪᴋᴜ ᴍᴇSᴋɪᴘᴜɴ ʜᴀɴʏᴀ Sᴀᴛᴜ ᴀʏᴀᴛ ." HR. Bukhari

📲 𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙙𝙞𝙖 𝙨𝙤𝙨𝙞𝙖𝙡 𝙠𝙖𝙢𝙞.

IG : Instagram.com/nafas_hadhramaut

TW : Twitter.com/nafashadhramaut

TG : T.me/nafashadhramaut

FB : fb.com/nafas.hadhramaut

YT : https://youtube.com/@nafashadhramaut

TT : Tiktok.com/nafashadhramaut

Web : www.nafashadhramaut.id

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

WA : http://bit.ly/Nafas-Hadhramaut-Channel

Email : nafashadhramaut.id@gmail.com

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

️ Like

🗣️ Comment

🔄 Share

👤 Tag Temanmu

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬


Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search