Selasa, 14 Maret 2023

“Seminar Ilmiah, Pembacaan Surat Yasin dan Doa bersama Malam Nisfu Sya’ban di Universitas Imam Syafi’i Yaman” Oleh: Gilang Fazlur Rahman (Mahasiswa Tingkat Tiga, Fakultas Ushuluddin, Universitas Imam Syafi’i)




Mukalla (07/03), Nafas Hadhramaut – Pada malam yang syahdu itu, tepatnya setelah solat Magrib, seluruh mahasiswa berkumpul di Masjid Universitas Imam Syafi’i untuk menghadiri Seminar Ilmiah tentang keutamaan malam Nisfu Sya’ban dan amalan yang telah dianjurkan syariat untuk melakukannya di malam tersebut. Kemudian dilanjut dengan tanya jawab seputar problematika malam Nisfu Sya’ban, seperti dalil yang menganjurkan untuk menghidupakan malmm tersebut dan mengkhususkan amalan yang ada pada malam tersebut.

 

Acara ini bertujuan untuk menerangkan kepada seluruh ummat muslim terutama kepada golongan awam tentang amalan yang harus dilakukan pada malam tersebut seperti yang telah dilakuka oleh para salafhu sholih terdahulu, karena akhir-akhir ini golongan awam kehilangan arah antara ingin melaksanakannya atau tidak. Tidak sedikit dari kaum Salafi Wahabi yang melarang bahkan membid’ahkan amalan tersebut yang tak lain bertujuan agar menjauhkan ummat Islam dari ibadah mendekatkan diri kepada Allah di malam yang mulia itu.

 

Acara seminar ini terdiri dari dua pembahasan dan permasalahan penting tentang keutamaan malam Nisfu Sya’ban dan problematika malam tersebut:

 

1.     Malam Nisfu Sya’ban; Keutamaanya dan dalil-dalil dalam Syari’at Islam yang menganjurkannya, yang disampaikan oleh Maulana Malik Ibrahim Muzakir, ia merupakan mahasiswa tingkat empat, Fakultas Syari’ah, Universitas Imam Syafi’i. Pada pembahasan ini, pemateri menyebutkan tentang hadis yang berkaitan dengan malam tersebut dan menjelaskan tentang masalah yang berkaitan dengan pengangkatan amala pada malam tersebut, dan diakhiri dengan amalan-amalan yang di syariatkan pada malam tersebut.

 

 

2.     Malam Nisfu Sya’ban; Tanya jawab dan problematika tentang Malam Nisfu Sya’ban, yang disampaikan oleh Muhammad Fahmi Salim, mahasiswa tingkat empat, Fakultas Ushuluddin, Universitas Imam Syafi’i. Pada pembahasan ini, pemateri menjelaskan secara gamlang tentang problematika dan permasalahan malam Nisfu Sya’ban, seperti hukum mengkhususkan Ibadah; Solat, membaca surat Yasin tiga kali, dan puasa di siang harinya serta menyebutkan perkataan ulama empat mazhab tentang hal ini.

 

 

 

Setelah pembicara selesai, diadakan tanya jawab yang dilontarkan oleh beberapa penonton dan tamu, selanjutnya diisi diskusi antara pembicara dengan Sayyidi Syeikh. Setelah itu, diadakan solat Isya berjama’ah, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Yasin tiga kali  dan doa khusus di setiap kali selesai satu surat tersebut. Acara pun ditutup dengan ceramah yang disampaikan oleh Sayyidi Syeikh Dr. Muhmmad bin Ali Ba’athiyah dan doa oleh Al-Habib Hasan Al-Jufri, setelah itu diadakan pembacaan qosidah menyambut kedatangan bulan yang mulia, bulan Ramadhan. [GFR]

 

 

===============

Penulis: @gilang_fazlur_rahman

Layouter: @najibalwijufri

                                                                                                  

𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙏𝙚𝙧𝙪𝙨 & 𝙎𝙚𝙗𝙖𝙧𝙡𝙪𝙖𝙨𝙠𝙖𝙣.

 

"Sᴀᴍᴘᴀɪᴋᴀɴ ᴅᴀʀɪᴋᴜ ᴍᴇSᴋɪᴘᴜɴ ʜᴀɴʏᴀ Sᴀᴛᴜ ᴀʏᴀᴛ ." HR. Bukhari

📲 𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙙𝙞𝙖 𝙨𝙤𝙨𝙞𝙖𝙡 𝙠𝙖𝙢𝙞.

IG : Instagram.com/nafas_hadhramaut

TW : Twitter.com/nafashadhramaut

TG : T.me/nafashadhramaut

FB : fb.com/nafas.hadhramaut

YT : https://youtube.com/@nafashadhramaut

TT : Tiktok.com/nafashadhramaut

Web : www.nafashadhramaut.id

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

WA : http://bit.ly/Nafas-Hadhramaut-Channel

Email : nafashadhramaut.id@gmail.com

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

️ Like

🗣️ Comment

🔄 Share

👤 Tag Temanmu

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search