Sabtu, 17 Juni 2023

“Biografi Sang Penentu Waktu Proklamasi, Al-Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi Kwitang-Jakarta” Oleh: Galuh Aji Saputra (Mahawiswa Tingkat 2, Fakultas Syariah, Universitas Imam Syafi'i)




Berbicara mengenai ulama Jakarta tak mungkin terlepas dari sejarah Kemerdekaan Bangsa Indonesia, karena Ulama dan Jakarta mempunyai peranan penting dalam kemerdekaan bangsa ini, mulai dari perubahan nama wilayah dari Sunda Kelapa menjadi Jayakarta, dari Jayakarta menjadi Batavia, dari Batavia menjadi Jakarta. Dan dari sisi ulama banyak sekali peran ulama ulama Jakarta dalam Kemerdekaan Bangsa Indonesia, seperti: Habib Ali Kwitang.

 

 

Habib Ali Kwitang merupakan Ulama Jakarta yang menjadi Pahlawan Kemerdekaan Bangsa Indonesia dan mempunyai peranan penting dalam kemerdekaan bangsa ini, Bernama lengkap Al-Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi yang dikenal dengan Habib Ali Kwitang. Peran penting Habib Ali Kwitang dalam Kemerdekaan Indonesia adalah menentukan hari dan tanggal dibacakaannya teks proklamasi sebagai tanda kemerdekaan Bangsa Indonesia dan bukti berdirinnya Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara yang berdaulat. Hal ini didasari karena rasa kebangsaan Habib Ali Kwitang sebagai warga negara Indonesia yang selalu ada dalam jiwa beliau.

 

 

 Al-Habib Zein bin Umar Smith berkata, sebelum proklamasi, Ir. Soekarno meminta pendapat kepada Habib Ali Kwitang terkait waktu pelaksanan proklamasi. Habib Ali menentukan tanggal 17 Agustus 1945 M yang bertepatan pada 9 Ramadhan 1936 H sebagai hari untuk membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesa. Hal ini juga dikatakan oleh PWNU DKI Jakarta, Kyai Syamsul Ma'arif: "Habib Ali Kwitang itulah yang menentukan hari dan waktu kapan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan". Sebab peran ini, Habib Ali Kwitang hampir dinobatkan menjadi Pahlawan Kemerdekaan Indonesia.

 

 

            Selain berperan pada Kemerdekaan Republik Indonesia, Habib Ali Kwitang berperan besar dalam tersebarnya Islam di Indonesia umumnya dan Jakarta khususnya, sampai disebut-sebut bahwasannya Habib Ali Kwitang  adalah seorang ulama terdepan dalam mensyiarkan agama Islam di Jakarta pada abad ke-20. Bukti peran dan jaza Habib Ali kwitang dalam menyebarkan Islam di Indonesia khususnya Jakarta adalah dengan berdirinya Majlis Ta’lim Kwitang. Tentu kita semua tau dan paham akan sejarah Negara Indonesia dan sejarah munculnya agama-agama di Indonesia. Dahulu kala Penduduk Indonesia menganut agama nenek moyang, agama Islam muncul, berkembang serta menyebar keseluruh pelosok Nusantara berkat perjuangan para ulama. Para ulama dalam menyebarkan Islam di Indonesia menggunakan metode Al Islamu Rohmatun Lil Alamin (Islam itu kasih sayang bagi seluruh alam semesta) bukan dengan metode paksa dan perang yang mengatas namakan jihad. Untuk memperlancar misi ini para ulama menggunakan perantara seperti, wayang, gamelan (perantara yang digunakan oleh walisongo). Begitu pula yang dilakukan oleh Habib Ali Kwitang dalam menyebarkan Islam di Indonesia khususnya Jakarta, Habib Ali Kwitang mendirikan Majlis Ta’lim Kwitang sebagai perantara dan sarana dalam penyebaran Islam di Indonesia khususnya Jakarta. Habib Ali mendirikan Majlis Ta'lim Kwitang pada tahun 1948 M. Majlis ta'lim ini merupakan majlis pertama di Indonesia dan cikal bakal majlis-majlis ta’lim lainnya yang ada di Indonesia. [Wallahu A'lam]

 

===============

Penulis: @galuh_bin_t

Editor: @gilang_fazlur_rahman

Layouter: @najibalwijufri

                                                                                                  

𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙏𝙚𝙧𝙪𝙨 & 𝙎𝙚𝙗𝙖𝙧𝙡𝙪𝙖𝙨𝙠𝙖𝙣.

 

"Sᴀᴍᴘᴀɪᴋᴀɴ ᴅᴀʀɪᴋᴜ ᴍᴇSᴋɪᴘᴜɴ ʜᴀɴʏᴀ Sᴀᴛᴜ ᴀʏᴀᴛ ." HR. Bukhari

📲 𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙙𝙞𝙖 𝙨𝙤𝙨𝙞𝙖𝙡 𝙠𝙖𝙢𝙞.

IG : Instagram.com/nafas_hadhramaut

TW : Twitter.com/nafashadhramaut

TG : T.me/nafashadhramaut

FB : fb.com/nafas.hadhramaut

YT : https://youtube.com/@nafashadhramaut

TT : Tiktok.com/nafashadhramaut

Web : www.nafashadhramaut.id

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

WA : http://bit.ly/Nafas-Hadhramaut-Channel

Email : nafashadhramaut.id@gmail.com

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

️ Like

🗣️ Comment

🔄 Share

👤 Tag Temanmu

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search