Sabtu, 03 Juni 2023

“Pemberangkatan Pertama Program Markaz Lughoh Univ. Imam Syafi'i Yaman” Oleh: Muhammad Ali Fikri (Alumni Angkatan ke-5, Fakultas Ushuluddin, Universitas Imam Syafi’i)

 



Nafashadhramaut.id | (25/5) Jakarta, 25 Mei 2023, panitia pemberangkatan calon mahasiswa baru Universitas Imam Syafi'i, Mukalla, Hadhramaut, Yaman, resmi memberangkatkan CAMABA-nya (Calon Mahasiswa Baru) yang berjumlah 12 orang. Sebagian 12 CAMABA ini merupakan peserta program Markaz Lughoh Arobiyah dan duf'ah/angkatan susulan yang telah berangkat beberapa bulan yang lalu. Sehingga mereka yang duf'ah susulan nantinya, bila tiba di universitas, mereka akan langsung bergabung dengan duf'ah yang terlebih dahulu datang. Sedangkan yang mendaftar program Markaz Lughoh Arobiyah dia akan fokus mengikuti program Markaz Lughoh Arobiyah tersebut.

 

Kini, Universitas Imam Syafi'i memiliki program Markaz Lughoh Arobiyah yang baru saja dibuka dalam kurun waktu enam sampai satu tahun masa belajar untuk mempelajari bahasa Arab, nahwu dan ilmu-ilmu yang paling dasar. Markaz Lughoh Arobiyah ini dapat didaftarkan dan masuk dengan tes yang tak begitu ketat seperti seleksi untuk memasuki universitas secara langsung. Namun, biaya belajar di Markaz Lughoh Arobiyah ini melebihi biaya biasa CAMABA yang masuk ke Universitas Imam Syafi'i dengan menggunakan tes dan seleksi yang lebih ketat dan intensif.

 

CAMABA beserta pendamping perjalanan mereka, Ust Sattar al-Wariqi, menuju ke Bumi Sejuta Wali ini melewati jalur udara seperti CAMABA sebelum-sebelumnya. Adapun rute perjalanan mereka adalah yang pertama mereka take off di bandara internasional Soekarno-Hatta, kemudian transit di Abu Dhabi kemudian Cairo. Dan yang terakhir mereka akan mendarat di bandara internasional Sewun, Yaman.

 

Sebelum berangkat, CAMABA sempat dibekali pesan dan nasehat dari Ust. Shofi Maulana yang intinya agar mereka, CAMABA, memperbarui niat mereka untuk mencari ilmu di Negeri Yaman. Merasa bangga dengan memiliki hubungan dengan ulama yang murobbi serta memiliki sanad ilmu yang bersambung kepada Rasulullah -shallallahu alaihi wa aalihi wasallam- khususnya dengan Rektor Universitas Imam Syafi'i, Sayyidi Syeikh Dr. Muhammad bin Ali Ba'athiyah. Tak lupa beliau juga berpesan agar CAMABA senantiasa berkhidmah kepada para masyayikh dan juga ahli ilmu tanpa melupakan tujuan utama untuk mencari ilmu, dibarengi dengan berakhlak baik kepada semua orang, terutama kepada seluruh dewan masyayikh dan dosen.

 

Tak hanya dengan Ust. Sattar al-Wariqi dan Ust. Shofi Maulana, CAMABA diantar menuju bandara, namun ada juga tim pemberangkatan CAMABA Universitas Imam Syafi'i yang terdiri dari: Ust. H. Fathurrahman, Ust. Ahmad Charits, Ust. Mabruri, Ust. Nauval Ali, Ust. Munir dan terakhir Ust. Fakhrul Rijal. Kami semua berharap dengan berangkatnya CAMABA Universitas Imam Syafi'i, Mukalla, mereka akan mendapatkan ilmu yang manfaat dan barokah. Dan dijadikan orang yang bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa, di dunia hingga kelak di akhirat. [MAF]

 

===============

Penulis: @muhammad_alifikri14

Editor: @gilang_fazlur_rahman

Layouter: @najibalwijufri

                                                                                                  

𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙏𝙚𝙧𝙪𝙨 & 𝙎𝙚𝙗𝙖𝙧𝙡𝙪𝙖𝙨𝙠𝙖𝙣.

 

"Sᴀᴍᴘᴀɪᴋᴀɴ ᴅᴀʀɪᴋᴜ ᴍᴇSᴋɪᴘᴜɴ ʜᴀɴʏᴀ Sᴀᴛᴜ ᴀʏᴀᴛ ." HR. Bukhari

📲 𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙙𝙞𝙖 𝙨𝙤𝙨𝙞𝙖𝙡 𝙠𝙖𝙢𝙞.

IG : Instagram.com/nafas_hadhramaut

TW : Twitter.com/nafashadhramaut

TG : T.me/nafashadhramaut

FB : fb.com/nafas.hadhramaut

YT : https://youtube.com/@nafashadhramaut

TT : Tiktok.com/nafashadhramaut

Web : www.nafashadhramaut.id

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

WA : http://bit.ly/Nafas-Hadhramaut-Channel

Email : nafashadhramaut.id@gmail.com

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

️ Like

🗣️ Comment

🔄 Share

👤 Tag Temanmu

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search