Senin, 26 Juni 2023

“Puasa Sehari Bisa Menghapus Dosa Dua Tahun” Oleh: Muhammad Syakir bin Yahya (Mahasiswa Tingkat Dua, Fakultas Syari’ah, Universitas Imam Syafi'i)




Hari Arafah adalah hari diantara 10 hari yang dicintai oleh Allah Swt. Sebagamaina yang telah disabdakan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw:

 

مَا مِنْ أَيَّامٍ اَلْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّام. يَعْنِي أَيَّامُ الْعُشْرِ. قَالُوْا: يَا رَسُولَ اللهِ، وَلاَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ؟ قَالَ: وَلاَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ، إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ ، فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيءٍ. (رواه البخاري)

 

Artinya, “Tidak ada hari di mana amal kebaikan saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini. Rasulullah menghendaki 10 hari (awal Dzulhijjah). Lantas para sahabat bertanya: ‘Wahai Rasulullah, tidak juga jihad di jalan Allah?’ Rasulullah shallalâhu ‘alaihi wasallam menjawab: ‘Tidak juga jihad di jalan Allah, kecuali orang yang keluar berjihad dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun (mati syahid)’.” (HR. Al-Bukhari). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, halaman 77-78).

 

10 hari awal Bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang dicintai oleh Allah Swt. dalam artian amalan-amalan yang dapat kita lakukan di hari-hari tersebut adalah sebaik baiknya amal, terlebih lagi disana ada yang namanya Puasa Arafah yaitu puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

 

Dan puasa ini dilaksanakan bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah Haji. Puasa ini memiliki keutamaan yang semestinya tidak ditinggalkan seorang muslim, sehingga puasa yang kita lakukan 1 hari saja dapat mengampuni dosa-dosa selama 2 tahun, Sebagaimana yang disabdakan oleh Baginda Nabi Saw.:

 

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ (رواه مسبم)

 

"Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162) 

 

Puasa Arafah adalah hadiah kabar gembira bagi orang yg tidak melaksakan ibadah haji, Diceritakan suatu ketika Baginda Nabi dengan para sahabat sedang wukuf di Arafah lalu Nabi memberi kabar gembira bagi yang melaksanakan wukuf di Arofah semua dosa-dosa akan diampuni akan mendapatkan pengampunan dari Allah Swt. kemudian sahabat Sayyidina Umar bertanya: "Apakah ini khusus untuk kami saat ini yang bertemu denganmu ya rasulullah?" Lalu dijawab oleh baginda Nabi: "Tidak, untuk kalian dan orang-orang yang datang setelah kalian" lalu ada sahabat yang bertanya lagi: "Ya Rasulullah saya punya kerabat di rumah tidak bisa haji tidak bisa wukuf di arofah" lalu Nabi Bersabda:

 

"صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ"

 

"Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang."

 

Alangkah beruntungnya orang yang dapat melaksanakan ibadah wukuf di Arofah mendapat pengampunan dari Allah Swt. Akan tetapi ada kabar gembira juga bagi yang tidak bisa melaksanakan ibadah haji yaitu dianjurkan untuk berpuasa di hari Arafah dan balasannya sama yaitu diampuni dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. [Wallahu A'lam]

 

===============

Penulis: @msyakirr

Editor: @gilang_fazlur_rahman

Layouter: @najibalwijufri

                                                                                                  

𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙏𝙚𝙧𝙪𝙨 & 𝙎𝙚𝙗𝙖𝙧𝙡𝙪𝙖𝙨𝙠𝙖𝙣.

 

"Sᴀᴍᴘᴀɪᴋᴀɴ ᴅᴀʀɪᴋᴜ ᴍᴇSᴋɪᴘᴜɴ ʜᴀɴʏᴀ Sᴀᴛᴜ ᴀʏᴀᴛ ." HR. Bukhari

📲 𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙙𝙞𝙖 𝙨𝙤𝙨𝙞𝙖𝙡 𝙠𝙖𝙢𝙞.

IG : Instagram.com/nafas_hadhramaut

TW : Twitter.com/nafashadhramaut

TG : T.me/nafashadhramaut

FB : fb.com/nafas.hadhramaut

YT : https://youtube.com/@nafashadhramaut

TT : Tiktok.com/nafashadhramaut

Web : www.nafashadhramaut.id

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

WA : http://bit.ly/Nafas-Hadhramaut-Channel

Email : nafashadhramaut.id@gmail.com

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

 

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search