Jumat, 25 Agustus 2023

“Kegiatan Hari Asyura' di Univ. Imam Syafii: Khataman, Buka Bersama, dan Seminar” Oleh: Muhammad Fathurrahman (Mahasiswa Tingkat Dua, Fakultas Syari’ah, Universitas Imam Syafi’i)



Nafashadhramaut.id | Mukalla (28/07) Hari Asyura' adalah hari yang berbeda dari yang lainnya karena di dalamnya terdapat kejadian-kejadian bersejarah yang menakjubkan. Hari tersebut adalah hari yang diistimewakan oleh Allah Swt., disunnahkan berpuasa, dan dilipatgandakan pahala sebesar-besarnya. Pada hari itu juga Allah Swt. Memuliakan nabi Musa bin Imran As.  dengan menyelamatkan beliau dan menenggelamkan Fir’aun beserta bala tentaranya.

 

Allah Swt. memuliakan Sayyidina Husein bin Ali bin Abi Thalib As. Dengan wafatnya beliau dalam keadaan syahid di jalan-Nya dan diperlihatkan kejantanan beliau secara total. Beliau memperlihatkan kepada kita dengan perjuangan dan pengorbanan beliau bersama ahlul baitnya dalam rangka menjaga syariat Nabi Muhammad Saw.

 

Hari Asyura memiliki keutamaan yang agung dan momentum yang bersejarah. Nabi Saw. menganjurkan kita untuk berpuasa pada hari ini. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah, dari Rasulullah Saw., beliau bersabda: “Aku mengatakannya tulus karena Allah bahwa puasa di hari Asyura menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu.” (Shahih Muslim). Dan diantara amal baik yang dihimbau oleh syari’at adalah membahagiakan keluarga.

 

Beberapa hari yang lalu Universitas Imam Syafi’i menggelar sejumah kegiatan seperti; khataman Qur’an dan buka bersama di masjid Universitas. Salah satu kegiatan yang digelar setelah sholat maghrib adalah seminar dengan judul ‘Asyura Antara Ketundukan dan Kebid’ahan’ yang disampaikan oleh beberapa mahasiswa mengenai riset mereka seputar hari Asyura. Seminar ini dibagi menjadi empat pembahasan:

 

Pertama, keutamaan hari Asyura yang disampaikan oleh Ikmal Delvian. Pembahsan ini mencakup; kejadian-kejadian bersejarah di hari Asyura, perkataan para saadah keluarga Ba’alawi tentang keutamaan hari Asyura, puasa di hari Asyura, membahagiakan keluarga, hukum pengistimewaan hari Asyura dengan berpuasa.

 

Kedua, puasa di hari Asyura dan permasalahan di dalamnya yang di sampaikan oleh Azka Nur Afif dan Muhamad Istaufa. Pembaasan ini mencakup tujuh permasalahan yang ada pada hadits-hadits tentang hari Asyura.

 

Ketiga, kedudukan ahlus sunnah wal jama’ah dari tragedi karbala’ yang disampaikan oleh Baihaqi Murtadho dan Abdullah Akbar. Mereka berdiskusi mengenai keluarnya Sayyidina Husein dari kepemimpinan Yazid dan isu-isu lainnya, perbedaan antara beliau dan saudaranya Sayyidina Hasan mengenai khilafah.

 

Keempat, pelajaran yang dapat diambil dari syahidnya Imam Husein Ra. Hal ini mencakup Sembilan hikmah; bersabar atas kemaksiatan, meringankan musibah yang menimpa orang lain, hikmah dibalik musibah, kedudukan patuh, sifat kejantanan, kebenaran lebih berhak untuk dikuti meskipun berasal dari kelompok minoritas, kebenaran itu berporos pada Ahlul bait, sesuatu yang disandarkan dengan kemuliaan adalah mulia, dan kuatnya agama islam yang disampaikan oleh Iyadh Syauqi.

 

Setelah sesi pembahasan berakhir, para hadirin dipersilahkan untuk berdiskusi bersama para pembicara tentang apa yang mereka sampaikan. Rektor Untiversitas Imam Syafi’i, Al-Allamah Al-Murabbi Sayyidi Syeikh Dr. Muhammad bin Ali Ba’athiyah yang membimbing langsung diskusi tersebut. Diskusi pun berjalan dengan aktif. sebelum beralih ke sesi diskusi, beberapa senandung qasidah dinyanyikan oleh grup Nasyid Universitas.  Selesai seminar, para hadirin dipersilahkan untuk beramah tamah dan menyantap makan malam yang telah disediakan.

 

Acara seminar ini dihadiri oleh segenap dekan fakultas Universitas Imam Syafi’i, para pengajar, sebagian ulama kota Mukalla dan para mahsiswa. Diantara yang hadir adalah; Al-Habib Al-Munshib Ali bin Abdullah Al-Hamid, Sayyid Abdul Qadir Al-Jufri, Syeikh Taufq Az-Zhahiri, Dr. Amin Basulaiman, Dr. Muhammad Muqoibil, Syeikh Muhammad Al-Awlaqi, Syeikh Adnan Ad-Dhali’i, dll. [MFN] 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search