Rabu, 18 Oktober 2023

“Duf’ah Al Izzah wal Karomah Gelar Seminar Ilmiah Bertajuk Dakwah Sebagai Sarana Penyebarluasan Metode Kenabian” Oleh: Muhammad Alfathurrahman (Mahasiswa Tingkat Dua, Fakultas Syariah, Universitas Imam Syafi’i)




Nafashadhramaut.id | Mukalla (14/10), Duf’ah Al Izzah wal Karomah yang juga sebagai mahasiswa akhir Universitas Imam Syafi'i Hadhramaut, Yaman, menggelar seminar ilmiah dengan tema “Dakwah Sebagai Sarana Penyebarluasan Metode Kenabian.” Acara ini  dilaksanakan di masjid Universitas tepat setelah sholat Isya. Dihadiri oleh segenap mahasiswa Universitas Imam Syafi'i, para dosen serta Al Habib Al Munshib Ali  bin Abdullah Al-Hamid. 

 

Seminar ini terdiri dari tiga pokok:

1.     Makna, keutamaan, serta cara dalam berdakwah, yang disampaikan oleh saudara Muhammad Hamid dan Ali Rahman.

 

2.     Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang dai saat berdakwah, yang disampaikan oleh Muhammad Sholeh bin Salmah.

 

3.     Halangan dan rintangan dalam berdakwah yang disampaikan oleh Muhammad Fawwaz Burhanuddin dan Muhammad Sa'ad.

 

Seminar kali ini dilaksanakan dalam bentuk diskusi supaya terkesan lebih santai dan tidak tegang, acara ini dipandu oleh Muhammad Mufti Nawawi.

 

Setelah semua inti tersampaikan oleh para pembicara, panitia menyediakan sesi tanya jawab. Tidak hanya itu, panitia juga mengadakan quiz untuk para hadirin yang berkaitan dengan ketiga inti dari seminar tersebut, bagi pemirsa yang menjawab pertanyaan dari panitia akan mendapatkan hadiah yang diserahkan langsung oleh Sayyidil Munsib Al Habib Ali Al Hamid.

 

Di akhir acara, ada penampilan opera kabaret (Opret) tentang perjuangan dakwah Rasulullah Saw. yang dibawakan oleh saudara Sayyid Munir Al Bahr Al Jufri, Ananda Naufal Azmi Rafif, Haris Shidqi, dan Nur Ramadhan. Opret adalah opera ringan berupa musik dan dialog yang disuguhkan secara bergantian, dipertengahan operet juga disajikan penampilan nasyid dari grup Insyad angkatan ketujuh universitas Imam Syafi'i yang berjudul :'Thoriqu Khoiril Wara' yang dikarang oleh Al Allamah Al Habib Umar bin Hafizh.

 

Acara pun ditutup dengan arahan, nasihat serta do'a dari Sayyidil Munsib Al Habib Ali  bin Abdullah Al Hamid. Beberapa poin penting dari ceramah yang beliau sampaikan:

 

1.     Seorang dai haruslah memiliki ilmu baik banyak ataupun sedikit, karena jikalau tidak ada ilmu, dakwah yang ia sampaikan tidak akan terlepas dari penyimpangan dan kesesatan.

 

2.     Seorang dai harus mempunyai sifat taqwa dan rasa takut kepada Allah Swt.

 

3.     Suatu kewajiban bagi seorang yang berdakwah di jalan Allah, untuk mendasari setiap langkah dakwahnya dengan keikhlasan, karena dakwah yang didasari oleh ketinggian hati akan membawa kepada kebinasaan.

 

4.     Seorang dai juga harus memiliki sifat sabar. [Wallahu A’lam]

 

===============

Penulis: @alqarniyuwais29

Editor: @gilang_fazlur_rahman

Ilustrator: @najibalwijufri

 

𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙏𝙚𝙧𝙪𝙨 & 𝙎𝙚𝙗𝙖𝙧𝙡𝙪𝙖𝙨𝙠𝙖𝙣.

 

"Sᴀᴍᴘᴀɪᴋᴀɴ ᴅᴀʀɪᴋᴜ ᴍᴇSᴋɪᴘᴜɴ ʜᴀɴʏᴀ Sᴀᴛᴜ ᴀʏᴀᴛ ." HR. Bukhari

📲 𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙙𝙞𝙖 𝙨𝙤𝙨𝙞𝙖𝙡 𝙠𝙖𝙢𝙞.

IG : Instagram.com/nafas_hadhramaut

TW : Twitter.com/nafashadhramaut

TG : T.me/nafashadhramaut

FB : fb.com/nafas.hadhramaut

YT : https://youtube.com/@nafashadhramaut

TT : Tiktok.com/nafashadhramaut

Web : www.nafashadhramaut.id

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

WA : http://bit.ly/Nafas-Hadhramaut-Channel

Email : nafashadhramaut.id@gmail.com

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

 

 

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search