Jumat, 15 Desember 2023

“Kunjungan Prof. Dr. Adil Hasan Hamzah Sa’id -Ketua Majelis Ulama Fiqih Sudan- Ke Universitas Imam Syafi’i Yaman”




Oleh: Muhammad Alfathurrahman (Mahasiswa Tingkat Dua, Fakultas Syariah, Universitas Imam Syafi’i)

 

Nafashadhramaut.id | Mukalla (02/12

), Sabtu, 18 jumadil awal 1445 H, Bertepatan pada 2 Desember 2023 M, Prof. Dr. Adil Hasan Hamzah Said, ketua majelis ulama fiqih di Sudan, berkunjung ke Universitas Imam Syafi’i Hadramaut, Yaman. Beliau didampingi oleh Dr. Abdullah Said As-Sumahi, salah satu dosen Univ. Al-Ahgaff Yaman.

 

Kehadiran beliau disambut oleh wakil rektor Universitas, yakni Dr. Salim Abu Bakar Al-Haddar, dan dekan Fakultas ushuluddin, Dr. Abdullah Abu Bakar Bilfaqih, serta para dosen Universitas Imam Syafi’i.

 

Beliau sempat mengunjungi beberapa tempat di universitas seperti perpustakaan dan ruang kelas, juga sempat menyaksikan sistem belajar mengajar di setiap mustawa. Beliau ditemani oleh Dr. Abdullah Bilfaqih sembari berbincang mengenai peran serta tujuan didirikannya universitas Imam Syafi’i, diantaranya ialah; mencetak generasi yang memiliki pegangan ilmu yang bermanfaat dan berakhlaq mulia serta memotivasi mereka untuk lebih giat dalam melakukan penelitian demi memecahkan permasalahan yang terjadi ditengah umat. 

 

Beliau juga hadir dalam acara konferensi antar negara yang diselenggarkan di universitas Imam syafi’i yang mana konferensi tersebut bertujuan untuk mempererat ikatan antara yayasan keilmuan yang ada di negara-negara Islam.

 

Seminar pun diadakan di aula Habib Ahmad Masyhur bin Thaha Al-Haddad dengan judul: “Metode Pengambilan Hukum Madzhab Asy’ariyah Dalam Permasalahan Aqidah.”

 

Diawal pertemuan diperkenalkan kepada para hadirin tetang biografi Imam Abul Hasan Al-Asy’ari dari nama, nasab, kelahiran, siapa saja orang yang belajar bersamanya, serta perubahan yang dilalui semasa hidupnya. Tak lupa pula beliau bercerita tentang kembalinya Al-Imam Al-Asy’ari ke jalur Ahlussunnah wal jama’ah dan juga bantahan terhadap orang-orang yang mengklaim bahwa Imam meninggalkan keyakinan yang dianutnya diakhir hayatnya.

 

Doktor juga menyampaikan tentang siapa Ahlussunnah wal Jama’ah yang sebenarnya dan penisbatan kata mazhab dalam bidang ilmu aqidah yang berbeda pemaknaannya dengan ilmu fiqih. Dan juga kaitan antara madzhab Asy’ariyah dengan keempat madzhab fiqih seperti ; sepertiga dari orang-orang yang bermadzhab Hanafiyah, tiga perempat madzhab Syafi’iyah, seluruh madzhab Malikiyah, dan sebagian madzhab Hanbaliyah adalah penganut madzhab aqidah Asy’ariyah.

 

Sebagai penutup materi beliau menerangkan tentang perbedaan antara Imam Asy’ari dan Maturidi dalam pengambilan hukum aqidah.

 

Seminar pun diakhiri dengan dengan beberapa masukan dan pertanyaan dari para hadirin seputar materi yang dilontarkan pada seminar tersebut.

 

Di akhir kunjungan, doktor berharap agar universitas Imam Syafi’i semakin sukses dan berkembang untuk kedepannya.

 

===============

Penulis: @alqarniyuwais29

Editor: @gilang_fazlur_rahman

Ilustrator: @najibalwijufri

 

𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙏𝙚𝙧𝙪𝙨 & 𝙎𝙚𝙗𝙖𝙧𝙡𝙪𝙖𝙨𝙠𝙖𝙣.

 

"Sᴀᴍᴘᴀɪᴋᴀɴ ᴅᴀʀɪᴋᴜ ᴍᴇSᴋɪᴘᴜɴ ʜᴀɴʏᴀ Sᴀᴛᴜ ᴀʏᴀᴛ ." HR. Bukhari

📲 𝙄𝙠𝙪𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙙𝙞𝙖 𝙨𝙤𝙨𝙞𝙖𝙡 𝙠𝙖𝙢𝙞.

IG : Instagram.com/nafas_hadhramaut

TW : Twitter.com/nafashadhramaut

TG : T.me/nafashadhramaut

FB : fb.com/nafas.hadhramaut

YT : https://youtube.com/@nafashadhramaut

TT : Tiktok.com/nafashadhramaut

Web : www.nafashadhramaut.id

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

WA : http://bit.ly/Nafas-Hadhramaut-Channel

Email : nafashadhramaut.id@gmail.com

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search